Setelah memahami apa itu pemasaran, selanjutnya kita juga perlu mengetahui jenis-jenis pemasaran. Ternyata pengertian pemasaran tidak hanya terbatas pada pengenalan produk saja, pembagiannya juga sangat luas dan efeknya juga bermacam-macam.
Seperti contohnya berjualan produk fashion. Tentu dengan memakai strategi sosmed misalnya bermain endorse di Instagram akan menghasilkan jumlah yang berbeda dibanding hanya memasang baliho di seberang jalan.
Ketika targetnya adalah anak muda, agaknya Instagram menjadi media paling tepat. Karena itu, agar penggunaan dana untung marketing jadi lebih efektif, agaknya sangat baik mengenali jenis-jenis marketing yang berkembang sekarang.
1. Word of Mouth Marketing
Pengertian marketing jenis ini adalah calon konsumen mendapatkan informasi produk dari customer lain. WOMM atau promosi dari mulut ke mulut disampaikan secara oral dan ia sangat exited ingin membagikan informasi penting ini pada orang lain.
Ini menjadi kebiasaan mereka sebagai konsumen saat berkumpul dengan orang lain. Nah, meskipun strategi ini dikenal sangat tua, tapi cara ini masih ampuh sampai sekarang. Apa lagi kalau bidang makanan.
2. Call to Action (CTA)
Kalau trafik dari website berhasil menghasilkan penjualan, itu artinya website tersebut telah melakukan pemasaran CTA. Jenis kampanye ini memanfaatkan website yang memakai text, grafik dan elemen web yang lainnya. Cara ini cukup ampuh untuk menarik konsumen online dengan jangkauan yang lebih luas.
Namun demikian, bukan berarti pemilik website terserbut tidak melakukan analisis. Pemasaran dengan CTA justru harus benar-benar spesifik karena biasanya pengunjung lebih suka mencari produk berdasarkan kata kunci.
3. Relationship Marketing
Banyak yang berpendapat relationship marketing jauh lebih efektif. Bahkan banyak perusahaan yang melakukan hal ini ketimbang menghabiskan dana untuk menggaet konsumen baru. Alasannya karena kebanyakan pelanggan lebih loyal saat meluncurkan produk baru.
4. Cloud Marketing
Jenis pemasaran yang satu ini masih terbilang baru. Cloud marketing memasukkan semua sumberdaya dan asetnya melalui online. Salah satu contoh cloud marketing adalah affiliate program yang dilakukan oleh Amazon.
Amazon memungkinkan associates untuk memodifikasi dan mengembangkan sumber daya tersebut. Tidak heran bila buku, acara televisi, film dan lainnya bisa diakses secara online oleh konsumen melalui Kindle Fire.
5. PR Marketing
Salah satu jenis pemasaran yang paling penting adalah Public Relations. Banyak sekali perusahaan yang bekerjasama dengan media untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya produk mereka dan keuntungan yang dimiliki saat produk ini dimiliki oleh konsumen.
More Stories
Dosen & Mahasiswa STMIK MERCUSUAR mengelar PKM di Pantai Cerita, kembangkan Sistem Informasi Pengelolaan Sampah
Haryono, Dosen UBS, bersama JAPNAS mengadakan Study Banding ke Singapore dan Malaysia
Mahasiswa Universitas Pertiwi, antusias belajar bikin Website