July 13, 2024

Siksa Kubur dan Amalan yang Dapat Menyelamatkannya

faktaintegritas.id – Siksa kubur adalah hal yang paling ditakutkan umat Muslim saat berada di alam barzah. Manusia yang mendapatkan siksa kubur adalah ia yang tidak pernah mengamalkan perintah dari Allah SWT dan mengabaikan segala larangan-Nya.

Siksa kubur digambarkan dengan penderitaan yang luar biasa. Bahkan, suara jeritan orang yang mendapat siksa kubur mampu didengar beberapa hewan. Rasulullah SAW dalam HR. Bukhari menyebutkan berbagai macam jenis siksa kubur, yaitu:

“Orang-orang yang suka berbohong, menyebarkan cerita dusta akan disobek rahangnya secara terus-menerus sampai hari kiamat. Orang-orang yang belajar Alquran namun pada malam harinya hanya tidur dan siang harinya tidak mau mengamalkannya akan dihantam kepalanya sampai pecah secara berulang-ulang hingga datang hari kiamat. Para pezina akan direbus dalam tungku mendidih tanpa henti sampai hari kiamat. Orang-orang ditenggelamkan dalam sungai darah, ketika mereka berenang hendak menepi maka dilempari batu mulutnya sampai terdorong ke tengah lagi, demikian terus-menerus sampai datang hari kiamat. Itu adalah siksa bagi orang-orang yang makan riba”.

Karenanya, Allah SWT pun memperingatkan agar umat Muslim selalu berbuat kebaikan. Selain itu, perintah dalam Alquran yang dijadikan sebagai pedoman harus dijalankan agar terhindar dari siksa kubur.

Amalan Penyelamat Siksa Kubur

Dalam sebuah kajian, Ustaz Khalid Basalamah menyebutkan empat amalan yang dapat menyelamatkan umat Muslim dari siksa kubur, yakni:

1. Beriman Kepada Allah SWT

Anjuran untuk beriman kepada Allah SWT disebutkan dalam rukun iman pertama. Setiap orang yang beragama Islam wajib mematuhi perintah-Nya.Beriman kepada Allah SWT berarti percaya akan kebesaran-Nya dan meyakini seluruh semua sifat-Nya yang terdapat dalam Asmaul Husna.

2. Rutin membaca Surat Al Mulk

Ada beberapa riwayat yang menunjukkan keutamaan Surat Al Mulk. Dalam riwayat an-Nasa’i disebutkan bahwa orang-orang yang membaca ayat dalam Surat Al Mulk yang berbunyi “tabarakalladzi biyadihil mulku”, niscaya setiap malam akan terhalangi dari azab kubur.

3. Mengamalkan Seluruh Isi Alquran

Salah satu penyebab seseorang mendapatkan siksa kubur adalah tidak mengamalkan isi Alquran. Oleh karenanya, setiap umat Muslim wajib untuk mengamalkan perintah yang ada di dalam Alquran.

4. Membaca Doa Berlindung dari Siksa Kubur

Rasulullah SAW telah memberikan wasiat doa agar selamat dari siksa kubur kepada para umatnya. Bacaannya adalah sebagai berikut.

Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qabri wa min ‘adzabin nari wa min fitnatil mahya wal mamati wa min fitnatil masihid dajjal

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur, azab neraka, cobaan hidup dan mati, dan fitnah Dajjal yang terhapus dari rahmat Allah.”

Diambil dari berbagai sumber

websites https://www.aaaimitation.com/. New https://www.bothglow.com/. 24 Hours Online wannareplica. Under $200 replica watches. over at this website www.montresdecopie.com. Buy now https://www.cheapreplicawatch.net/. More about the author https://fakewatcherolex.net/. Continue replica rolex watches. check this site out best replica watch site 2020. my site https://www.watchesf.com. Discover More https://www.emailwatches.com. More details about webpage: rolex swiss replica. useful source replica breitling. see it here replica patek philipe. 30% off businesstagheuer.com. have a peek at these guys https://www.musicfranckmuller.com/. successful feeling travelhublot. browse this site aaa replica watch. try this site tag heuer replica. click to investigate breitling bentley replica.