July 13, 2024

Banjir Rob di Pesisir Cipatujah Tasikmalaya, Air Masuk ke Rumah Warga

faktaintegritas.id – Banjir rob menerjang wilayah pesisir Pantai Cipatujah di bagian selatan Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (12/8/2021) dini hari.

Banjir dari air laut yang pasang itu membuat warga pesisir panik dan sempat mengungsi ke lokasi aman di wilayah setempat.

Banjir rob di Kampung Pasanggrahan, Desa Cipatujah, luapan air laut sampai ke pemukiman warga, atau sekitar 100 meter dari bibir pantai.

Ketinggian air mencapai 50 senti meter.

Sampai Kamis pagi, warga masih khawatir banjir susulan yang lebih besar, karena gelombang air laut masih tinggi di kawasan pesisir selatan Tasikmalaya.

“Kami panik dan mengungsi ke daerah yang aman. Warga Pasanggrahan, Desa Cipatujah, bahkan sampai setengah meter air masuk ke rumah. Kami mohon Pak Bupati dan Pak Gubernur bisa meninjau lokasi bencana di kami, karena gelombang masih tinggi sampai sekarang.” ujar Sonson Riston (54), salah seorang warga Cipatujah, Tasikmalaya, kepada wartawan, Kamis.

Sonson menambahkan, luapan air laut ke pemukiman tersebut terjadi secara tiba-tiba sejak malam sampai dini hari tadi.

Warga di kampungnya langsung meninggalkan rumah yang dekat dengan pinggir pantai, karena air masuk dan menggenangi rumah.

Bahkan, banjir juga menggenangi Jalan Raya Cipatujah-Garut yang jaraknya sangat jauh dari bibir pantai.

“Banjir pun sampai ke jalan Raya dan deras mengalir. Sekarang sudah mulai surut kembali, tapi dikhawatirkan akan terjadi lagi banjir rob. Warga masih waspada dan sebagian mengungsi.” kata dia.

Rahmat, seorang relawan bencana di Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, menyampaikan hal senada.

Menurut dia, luapan air laut tersebut menutupi jalan desa dan menerjang warung-warung di sekitar bibir pantai.

Air bergerak cepat membawa ranting dan sampah di laut, sehingga membuat kerusakan ringan bangunan warung milih warga tersebut.

Para Relawan meminta warga tetap waspada, tapi tidak perlu panik.

“Kalau air enggak terlalu tinggi, paling hanya selutut, tapi pergerakannya cepat dan membawa sampah dan ranting-ranting di laut sampai masuk bangunan rumah dan warung milik warga. Kita hanya mengimbau warga tidak panik tapi tetap waspada, karena memang gelombang lautnya masih tinggi sampai sekarang.” kata Rahmat.

Sementara itu, Kepala Satpolair Polres Tasikmalaya Inspektur Satu Sujarmanto membenarkan bahwa masih terjadi gelombang tinggi di wilayah pantai selatan Tasikmalaya sejak beberapa hari sebelumnya.

Pihaknya pun mengimbau warga pesisir pantai untuk waspada banjir rob susulan.

“Gelombang memang sedang tinggi sejak beberapa hari terakhir. Warga diimbau tetap waspada saat kondisi seperti ini.” kata Sujarmanto.

Sumber : kompas.com

websites https://www.aaaimitation.com/. New https://www.bothglow.com/. 24 Hours Online wannareplica. Under $200 replica watches. over at this website www.montresdecopie.com. Buy now https://www.cheapreplicawatch.net/. More about the author https://fakewatcherolex.net/. Continue replica rolex watches. check this site out best replica watch site 2020. my site https://www.watchesf.com. Discover More https://www.emailwatches.com. More details about webpage: rolex swiss replica. useful source replica breitling. see it here replica patek philipe. 30% off businesstagheuer.com. have a peek at these guys https://www.musicfranckmuller.com/. successful feeling travelhublot. browse this site aaa replica watch. try this site tag heuer replica. click to investigate breitling bentley replica.