faktaintegritas.id – Puskesmas Sukadami terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya, layanan kesehatan melalui WhatsApp (WA) dan Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk peserta fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat pertama (FKTP).
Kepala Puskesmas Sukadami, dr Adi Pranaya mengatakan, layanan melalui WA tersebut memudahkan masyarakat yang ingin berkunjung ke Puskesmas, baik yang akan berobat maupun yang ingin konsultasi.
“Ya, saat ini sudah era digitalisasi, sehingga perlu adanya peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Maka dibuatlah WA bila masyarakat ingin berkunjung sakit atau konsultasi,” ujarnya, Senin (05/09).
Digitalisasi dalam layanan kesehatan, kata Adi, sangat dibutuhkan, mengingat kompleksitas masalah di sektor kesehatan, dan sebagai wadah untuk berdiskusi.
“Jadi inovasi ini sebenarnya adalah upaya untuk meningkatkan jangkauan layanan terhadap fasilitas kesehatan bagi masyarakat,” terangnya.
Dengan layanan lewat WA tersebut, masyarakat dapat mendaftar untuk pelayanan kesehatan di hari berikutnya. Misalkan untuk kunjungannya pada hari Jum’at, maka orang tersebut harus sudah terdata pada hari Kamis.
“Untuk masyarakat yang mungkin ada pertanyaan perihal kesehatan, juga bisa konsultasi langsung online ke no WA,” ujarnya.
More Stories
Puncak Milad Ke-7 Qudwah Indonesia gelar KolaborasIP Summit 2024: Wujud Kolaborasi untuk Indonesia dan Palestina
Tim digitalisasi direktorat bina KUA & Sarana Prasarana KUA Kemenag pusat kunjungi KUA Pulau Tidung dalam rangka Monev
Rivan A. Purwantono Paparkan Sejumlah Inisiatif Strategis Jasa Raharja dalam RDP Bersama Komisi VI DPR RI