April 17, 2024

Pemanfaatan TV Sekolah dalam Pembelajaran Daring serta Relevansinya dengan Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

faktaintegritas.id – Masa pandemi membuat semua sektor usaha dilaksanakan dari rumah atau daring. Begitu juga bidang Pendidikan, mulai Maret 2020 sekolah melakukan pembelajaran secara daring di rumah masing-masing peserta didik. Banyak upaya dan metode pembelajaran yang dilakukan guru dan sekolah untuk menjalankan pembelajaran daring ini. Salah satunya adalah penggunaan TV Sekolah dalam pembelajaran daring yang mulai digunakan oleh SMPN 2 Gempol Kab. Pasuruan sejak Januari 2021.

TV Sekolah merupakan Layanan pembelajaran berbasis audio visual dengan konsep TV. DI dalamnya dapat dimanfaatkan untuk informasi sekolah, unjuk kreasi guru dan siswa, serta program pembelajaran lainnya.Seperti yang kita ketahui, ada dua macam platform TV, sistem analog (berbasis frekuensi pemancar) dan system digital (berbasis jaringan data seperti stream via internet). Adapun platform TV Sekolah yang digunakan SMPN 2 Gempol adalah tvsekolah.id yang digagas oleh Ketua Fordorum (Forum Dosen Guru dan Masyarakat) serta CEO TV Sekolah  Ibu Dr. Sri Watini, M.Pd yang dirasa sangat cocok untuk pembelajaran daring di sekolah.

Manfaat TV sekolah untuk siswa tentu memberikan pengalaman yang berbeda dan bermakna. Sesuai dengan program merdeka belajar yang diusung kemendikbud ristek, peserta didik dapat belajar kapanpun dan di manapun. Peserta didik juga bisa berkreasi di dalamnya, mealalui vlog, talk show dan berbagai ragam acara untuk nantinya dipublikasikan melalui TV Sekolah. Sekolah juga cukup terbantu dengan adanya TV Sekolah, karena selain bermanfaat untuk para guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan penilaian, TV Sekolah juga bisa digunakan sebagai sarana informasi dan promosi Sekolah. Orang tua dan juga masyarakat sekitar juga mudah untuk mengakses info tentang Sekolah.

Pemanfaatan TV Sekolah ini sangat relevan dengan era Revolusi Industri 4.0. Ahli teori pendidikan sering menyebut Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 untuk menggambarkan berbagai cara mengintegritaskan teknologi cyber baik secara fisik maupun non fisik dalam pembelajaran. Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 adalah fenomena yang merespons kebutuhan revolusi industri dengan penyesuaian kurikulum baru sesuai situasi saat ini. Kurikulum tersebut mampu membuka jendela dunia melalui genggaman contohnya memanfaatkan platform tvsekolah.id. Di sisi lain pengajar juga memperoleh lebih banyak referensi dan metode pengajaran.

Begitu juga dengan era Society 5.0, dapat diartikan masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Society 5.0 juga dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi, salah satunya pemanfaatan tvsekolah.id dalam pembelajaran.

Tantangan dan Hambatan tentu dirasakan dalam penggunaan segala macam teknologi. Termasuk dalam penggunaan tvsekolah.id ini. Mulai dari jaringan internet yang tidak begitu stabil di rumah peserta didik. Karena kami berada di daerah pinggiran kota, bahkan ada rumah peserta didik yang bertempat tinggal di pegunungan, membuat sinyal sangat kurang bersabahat. Ada juga dalam satu keluarga hanya memiliki satu HP, sehingga dipakai secara bergantian dengan. Hal ini semua diatasi dengan cara memberikan kesempatan semua siswa untuk mengakses TV Sekolah di computer sekola saat PTMT, dan reaksi siswa cukup banyak yang senang dan suka dengan penggunaan TV Sekolah ini.

Harapan ke depannya agar platform TV Sekolah ini bisa terus berkembang dengan berbagi inovasi dan fitur menarik yang terus diperbaharui untuk pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada siswa tentunya. Kami juga berharap agar nantinya akses internet bisa menjangkau seluruh pelosok negeri. Karena penggunaan internet ini sudah menjadi kebutuhan utama, bukan lagi sampingan, khususnya juga dalam pembelajaran.

Penulis

Wahyu Sulaiman, S.Pd. 

Guru SMPN 2 Gempol, Anggota IGI Kab. Pasuruan dan Microsoft Innovative Educator Expert

websites https://www.aaaimitation.com/. New https://www.bothglow.com/. 24 Hours Online wannareplica. Under $200 replica watches. over at this website www.montresdecopie.com. Buy now https://www.cheapreplicawatch.net/. More about the author https://fakewatcherolex.net/. Continue replica rolex watches. check this site out best replica watch site 2020. my site https://www.watchesf.com. Discover More https://www.emailwatches.com. More details about webpage: rolex swiss replica. useful source replica breitling. see it here replica patek philipe. 30% off businesstagheuer.com. have a peek at these guys https://www.musicfranckmuller.com/. successful feeling travelhublot. browse this site aaa replica watch. try this site tag heuer replica. click to investigate breitling bentley replica.