October 23, 2024

Penuhi tenaga siap kerja untuk industri dan atasi pengangguran, Disnakertrans dan BBPVP luncurkan Program TMT di BLK Kompetensi.

KOTA BEKASI

FAKTAINTEGRITAS.ID : Dalam upaya mencari solusi permasalahan banyaknya pencari kerja yang sulit dapat kerja, sementara itu Industri atau perusahaan juga kesulitan mendapatkan tenaga terampil siap kerja.

menyikapi kondisi tersebut, maka Dinaskertran Jawa Barat dengan di dukung  BBPVP   ”Cevest” Kemenaker RI meluncurkan Program TMT (Tailor Made Training),  sebagai upaya membekali para pencari kerja dengan keterampilan dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja, hal ini diharapkan dapat menurunkan angka pengangguran di Jawa Barat.

Acara Peresmian Program TMT  digelar di Kantor BLK Kompetensi di Jl. KH. Agus Salim No. 206, Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, pada hari Rabu, (17/7/24).

Hadir mendukung kegiatan tersebut perwakilan dari berbagai insitusi seperti : , KADIN Kota Bekasi, KADIN Kab. Bekasi, APINDO Kab. Bekasi, APTISI Kom IVA, INKUBATOR PENTAHELIX, dan lain-lain.

Acep Bambang Sudrajat, Kepala BLK Kompetensi, dalam sambutannya menyampaikan laporan kegiatan TMT ini terkait peserta, waktu pelaksanaan dan pembagian kelompok

“Alhamdulillah peserta kegiatan TMT ini berjumlah 64 orang yang terbagi dalam 4 kelompok kejuruan yaitu : Fillet Welder GMAW 2F, Digital Marketing, Operator Komputer Muda, dan Perbaikan Body Kendaraan Ringan, ” dan di tiap kejuruan diikuti oleh 16 orang peserta, waktu pelaksanaannya  selama 20 hari  dimulai di bulan Juli hingga 7 Agustus 2024”, papar Acep

Optimisme kegiatan TMT ini dapat berdampak besar memberikan solusi bagi permasalahan pencari kerja dan pemberi kerja disampaikan oleh Herman Bija, Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas  (BBPVP) ”Cevest” Bekasi

“Dengan pelatihan TMT ini, menciptakan pekerja yang terampil sehingga mudah terserap di industri atau perusahaan untuk langsung bekerja sesuai standar yang diharapkan, hal ini akan mengurangi  pengangguran” ungkap Herman.

lebih lanjut, Herman berharap akan terjalin hubungan yang harmonis antara BLK dan Industri ”Kami berharap dengan kegiatan TMT ini, akan terjalinnya hubungan kerjasama BLK dan industri dalam menciptakan siklus dinamis yang makin berkembang”,  imbuhnya.

Senada dengan itu, Benny Tunggul sebagai aktifis dan akademisi, menyampaikan pandangannya, dan saran untuk langkah kedepannya bagi kolaborasi BLK, Akademisi dan Insustri
“Bahwa  saatnya kolaborasi Akademisi dan BLK kompetensi  untuk berperan menjadi Laboratorium tenaga kerja bagi Industri  sinkronisasi kompetensi & sertifikasi tenaga kerja, . “Kedepannya seluruh tenaga kerja industri agar  dipersyaratkan harus lolos sertifikasi kompetensi di BLK kompetensi,” demikian ungkapnya..

Sebelum mengetuk palu peresmian, Kepala Dinas Tenaga Kerja Jawa Barat, Teppy Wawan Darmawan,  mengingatkan penting harus ada konsep pelatihan kerja yang terhubung dengan penempatan kerja di industri untuk setiap kejuruan pelatihan. Teppy  mengutarakan  bahwa pelatihan ini menggunakan  fasilitasi dari APBN melalui Kementerian, untuk itu ia  berharap  agar  setelah selesai pelatihan setiap peserta menjadi  pekerja terampil dibidangnya masing-masing dan bisa  meningkatkan daya saing perusahaan dimana dia bekerja.

Di sela waktu setelah acara peresmian, ada hal yang menarik untuk disimak pandangan dari Yusrodi CHP, Direktur Inkubator Pentahelix kota Bekasi (organisasi dibentuk oleh 5 kelompok masyarakat diresmikan tanggal 31 Maret 2022 oleh Plt. Walikota Bekasi, waktu itu Tri Adhianto), memandang bahwa BLK Kompetensi memiliki peran strategis dalam hal mencetak tenaga kerja yang memiliki kompetensi dan mampu bersaing dengan pencari kerja lainnya untuk memasuki dunia kerja dan industri di kawasan wilayah padat industri di wilayah : Bekasi – Karawang – Purwakarta (BEKAPUR), jelas Yusrodi  juga  sebagai salah seorang  pengurus APTISI Komisariat IVA (Bekasi-Karawang) dan praktisi pendidkan dari STMIK Pranata Indonesia.

(Tatang Hidayat-Red)

websites https://www.aaaimitation.com/. New https://www.bothglow.com/. 24 Hours Online wannareplica. Under $200 replica watches. over at this website www.montresdecopie.com. Buy now https://www.cheapreplicawatch.net/. More about the author https://fakewatcherolex.net/. Continue replica rolex watches. check this site out best replica watch site 2020. my site https://www.watchesf.com. Discover More https://www.emailwatches.com. More details about webpage: rolex swiss replica. useful source replica breitling. see it here replica patek philipe. 30% off businesstagheuer.com. have a peek at these guys https://www.musicfranckmuller.com/. successful feeling travelhublot. browse this site aaa replica watch. try this site tag heuer replica. click to investigate breitling bentley replica.