April 16, 2024

6 Manfaat Air Kelapa, Menurunkan Kolesterol dan Mengatasi Jerawat

faktaintegritas.id – Air kelapa sudah dikenal punya banyak manfaat bagi tubuh. Tak hanya menyegarkan tubuh saat cuaca panas, air kelapa juga mempunyai berbagai manfaat. Diantaranya adalah dapat mengatasi jerawat dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Dikutip dari republika berikut adalah manfaat-manfaat dari air kelapa.

Kaya Elektrolit

Air kelapa dijuluki sebagai minuman pascaolahraga yang sangat baik karena kaya akan kandungan elektrolitnya. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa air kelapa dapat memperbaiki hidrasi setelah olahraga lebih baik dibandingkan air putih.

Elektrolit di dalam air kelapa, yaitu kalium dan sodium, merupakan dua hal penting dalam menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Akan tetapi, air kelapa mengandung lebih banyak gula dan kalori dibandingkan air putih. Oleh karena itu, air kelapa sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja.

Tinggi Antioksidan

Semakin segar air kelapa, semakin tinggi kandungan antioksidannya. Karena itu, sebisa mungkin pilih air kelapa yang disajikan dalam kondisi segar, alih-alih air kelapa yang sudah melalui beragam proses dan pemanasan pasteurisasi.

Antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu, antioksidan bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Terlepas dari itu, ahli gizi Jenna Hope tidak merekomendasikan orang-orang untuk menjadikan air kelapa sebagai sumber utama untuk mendapatkan antioksidan. Hope tetap menganjurkan konsumsi buah dan sayur dengan warna yang beragam untuk mendapatkan asupan antioksidan yang optimal.

“Semuanya (sebaiknya dikonsumsi) secukupnya,” ujar Hope.

Bantu Menurunkan Kolesterol

Menurut temuan dalam studi awal, air kelapa tampak membantu menurunkan kadar kolesterol. Studi pada 2006 ini menggunakan hewan coba tikus. Tikus yang mendapatkan air kelapa memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami serangan jantung.

Selain itu, tikus yang diberikan air kelapa juga tampak mengalami penurunan kadar kolesterol. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah efek yang sama juga terjadi pada manusia.

Membantu Ginjal

Studi lain yang dilakukan pada hewan coba tikus dengan batu ginjal menunjukkan bahwa air kelapa dapat memberikan manfaat. Air kelapa tampak berperan mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain di saluran kemih. Sebagaimana penelitian lain pada hewan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui efeknya pada manusia.

Mengatasi Jerawat

Air kelapa dapat menurunkan kelebihan minyak pada kulit. Hal ini turut berdampak pada menurunnya kemunculan jerawat menurut ahli gizi Stacey B Schulman.

Selain itu, air kelapa dapat berperan sebagai antiinflamasi, pendetoks, dan antimikroba. Sifat-sifat ini juga berperan dalam menurunkan insiden jerawat.

Sifat Antipenuaan

Ahli dermatologi Dr Erin Gilbert mengatakan vitamin-vitamin dalam air kelapa dapat menurunkan laju penuaan kulit. Hal ini dapat terjadi karena air kelapa memungkinkan kulit untuk memperbaiki dan memulihkan diri dengan lebih efektif.

Sumber : republika

websites https://www.aaaimitation.com/. New https://www.bothglow.com/. 24 Hours Online wannareplica. Under $200 replica watches. over at this website www.montresdecopie.com. Buy now https://www.cheapreplicawatch.net/. More about the author https://fakewatcherolex.net/. Continue replica rolex watches. check this site out best replica watch site 2020. my site https://www.watchesf.com. Discover More https://www.emailwatches.com. More details about webpage: rolex swiss replica. useful source replica breitling. see it here replica patek philipe. 30% off businesstagheuer.com. have a peek at these guys https://www.musicfranckmuller.com/. successful feeling travelhublot. browse this site aaa replica watch. try this site tag heuer replica. click to investigate breitling bentley replica.