April 17, 2024

5 Makanan Sehat untuk Mencegah Gangguan Pencernaan

faktaintegritas.id – Ada banyak jenis makanan sehat yang mampu mendukung kesehatan sistem pencernaan. Makanan-makanan tersebut akan menjaga fungsi sistem pencernaan sekaligus mencegah berbagai gangguan pencernaan.

Menjaga sistem pencernaan melalui asupan makanan ini penting dilakukan karena orang yang sehat pun bisa mengalami gangguan pencernaan karena hal-hal seperti kekurangan serat.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah makanan sehat yang sebaiknya kita konsumsi agar terhindar dari gangguan pencernaan:

1. Yogurt

Yogurt merupakan makanan sehat yang terbuat dari susu yang difermentasi. Yogurt mengandung bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik.
Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan dan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.
Beberapa gangguan pencernaan yang dapat diatasi dengan probiotik adalah kembung, sembelit, dan diare.

2. Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan pektin. Pektin melewati pencernaan di usus kecil dan dipecah oleh bakteri baik di usus besar.
Pektin mampu meningkatkan volume tinja sehingga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit.

3. Biji chia

Biji chia adalah sumber serat yang sangat baik dan termasuk makanan sehat yang mampu mencegah gangguan pencernaan.
Biji chia membentuk zat seperti gelatin di perut. Zat tersebut bekerja seperti prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus.
Kandungan serat dalam biji chia juga mampu membantu meningkatkan fungsi usus dan menjaga buang air besar tetap sehat.

4. Pepaya

Selain apel, buah lain yang termasuk makanan sehat untuk mencegah gangguan pencernaan adalah pepaya.
Pepaya mengandung enzim pencernaan yang disebut papain. Ini membantu selama proses pencernaan dengan cara memecah serat protein.
Selain itu, papain juga dapat meredakan gejala sindrom iritasi usus besar, seperti kembung dan sembelit.

5. Tempe

Tempe adalah makanan sehat yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Selama proses fermentasi, antinutrien dalam kedelai yang disebut asam fitat (dapat mengganggu penyerapan nutrisi tertentu) dipecah.
Dengan demikian, proses fermentasi membuat tempe memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan menyerap nutrisi secara optimal.
Selain itu, tempe juga merupakan sumber probiotik yang baik. Studi menemukan, probiotik mampu membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar, diare, kembung, dan lain-lain.

Sumber : kompas

websites https://www.aaaimitation.com/. New https://www.bothglow.com/. 24 Hours Online wannareplica. Under $200 replica watches. over at this website www.montresdecopie.com. Buy now https://www.cheapreplicawatch.net/. More about the author https://fakewatcherolex.net/. Continue replica rolex watches. check this site out best replica watch site 2020. my site https://www.watchesf.com. Discover More https://www.emailwatches.com. More details about webpage: rolex swiss replica. useful source replica breitling. see it here replica patek philipe. 30% off businesstagheuer.com. have a peek at these guys https://www.musicfranckmuller.com/. successful feeling travelhublot. browse this site aaa replica watch. try this site tag heuer replica. click to investigate breitling bentley replica.